Jumat, 2 Desember 2016 | 03:50 WIB | Yessy Cahya | Pengetahuan | 637

Autisme merupakan kelainan otak yang kompleks yang belum diketahui obatnya. Oleh sebab itu, Keluarga penderita autisme banyak yang tertarik untuk melakukan metode alternative lain, seperti pengaturan makanan ataupun nutrisi makanan yang dapat membantu menangani gejala autisme. 

Menghilangkan gluten (protein yang terdapat pada tepung terigu, gandum atau oats) dan casein (protein yang terdapat pada produk susu dan olahannya) yang biasa disebut dengan diet GFCF (Gluten Free, Casein Free) merupakan salah satu diet yang popular untuk mengatasi gejala autisme. Hal ini berdasarkan hipotesa bahwa protein tersebut diserap secara berbeda pada anak yang menderita autisme dan bereaksi menyerupai reaksi opiat di otak, hipotesa tersebut bukanlah berdasarkan reaksi alergi. Baik hipotesa ataupun efektivitas dari terapi tersebut belum mempunyai dasar penelitian yang ilmiah dan penelitian lain pun masih banyak dilakukan di berbagai tempat. Meskipun demikian banyak keluarga yang melaporkan bahwa program diet penghilangan gluten dan casein tersebut dapat membantu beberapa hal seperti BAB, tidur, aktifitas dan tingkah laku anak menjadi lebih teratur serta meningkatkan kemajuan individu dari anak.

Apabila ingin menjalankan diet tersebut para orang tua sebaiknya tetap berpatokan kepada panduan gizi dasar bagi anak, seperti misalnya dengan menghilangkan konsumsi susu akan berakibat berkurangnya asupan kalsium bagi tubuh sehingga harus diberikan sumber alternative lain karena kalsium sangat penting bagi pertumbuhan tulang anak. Disarankan juga untuk para orangtua agar berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu apabila ingin menjalankan diet atau pembatasan makanan pada anak. Tenaga kesehatan tersebut juga dapat membantu memilihkan program diet yang tepat dan sesuai bagi pertumbuhan dan perkembangan anak termasuk pemilihan menu makan yang seimbang.

 

Sumber :

http://www.ahliwasir.com/products/344/0/Terapi-dan-Diet-Anak-Penderita-Autisme/



Berikan komentar






Artikel Terbaru

MRI (Magnetic Resonance Imaging) Bisa Deteksi Autisme Sejak Dini
di posting Senin, 6 Maret 2017 | 04:10 WIB

Rekening Donasi

  • Bank Mandiri : 167 0000 674 076 An. Yayasan Cagar (Cahaya Keluarga Fitrah). Rumah Autis Pusat
  • BNI : 0293 870 445 An. Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah
  • BJB : 0024 4010 91 100 An. Yayasan Cagar Rumah Autis
  • BNI Syariah : 0294 477 011 An. Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah
  • BCA : 572 032 9516 An. Deka Kurniawan

Alamat Kantor Pusat

Rumah Autis
Ruko Ratna Asri Residence
Jl. Dr. Ratna No 26 D
Jati Kramat, Jati Asih
Kota Bekasi, Jawa Barat
P: (021) 2210-7656