Kreasi Tanaman dari Kaleng Bekas

Rabu, 26 Oktober 2016 | 04:40 WIB | Yessy Cahya | Kegiatan | 481

Kegiatan berkebun merupakan salah satu program yang di laksanakan oleh anak-anak Berkemampuan Khusus di Rumah Autis Tanggerang. Kegiatan ini di laksanakan setiap pekan ke 4 pada setiap bulannya. Untuk kelas Al-Latief yang termasuk dalam Sekolah Kemandirian Fungsional (SKF) di laksanakan pada hari Selasa, lalu pada kelas Bimbingan Latihan Keterampilan (BLK) dilaksanakan pada hari Rabu. Anak-anak yang ikut dalam kegiatan ini diantaranya adalah Panca, Nisa, dan Lyra (kelas BLK) lalu Rahmi, Cici, dan Alif (kelas SKF). Kegiatan yang di dampingi oleh Ibu Eni Widayati dan Ibu Dwi Astuti.

Anak-anak membuat kreasi tanaman dari “Kaleng Bekas” yaitu menggunakan kembali kaleng bekas untuk menanam kencur. Kaleng bekas yang masih bagus kondisinya digunakan untuk membuat celengan dan yang kurang baik kondisinya digunakan berkebun.

Pada hari Selasa, aktivitas di kelas SKF untuk Cici dan Rahmi mereka menyiapkan media tanaman, sedangkan Alif melubangi kaleng agar sirkulasi air bagus. Selesai menanam kencur, anak-anak meletakkan tanaman di teras dan ketika selesai mereka langsung merapikan kembali.  

Pada hari Rabu, aktivitas di kelas BLK untuk Panca ia terlihat sangat fokus melubangi kaleng-kaleng bekas. Nisa yang sangat senang sekali memasukkan tanah kedalam kaleng, serta Lyra yang juga sangat senang memcampurkan tanah basah dengan pupuk. Sangat jelas, mereka sangat menikmati kegiatan ini.

Tujuan dari kegiatan berkebun untuk anak-anak berkemampuan khusus adalah untuk melatih mereka mengembangkan hubungan yang sehat antara manusia dengan lingkungannya. Kegiatan berkebun akan mengembangkan pikiran dan tubuh mereka melalui aktivitas fisik, kegiatan ini memungkinkan mereka mendapatkan pengalaman dengan yang terjadi di sekitar mereka, serta belajar tentang bagaimana tanaman tumbuh dan berkembang dapat mempengaruhi mereka. (komfra/yessy)



Berikan komentar






Artikel Terbaru

MRI (Magnetic Resonance Imaging) Bisa Deteksi Autisme Sejak Dini
di posting Senin, 6 Maret 2017 | 04:10 WIB

Rekening Donasi

  • Bank Mandiri : 167 0000 674 076 An. Yayasan Cagar (Cahaya Keluarga Fitrah). Rumah Autis Pusat
  • BNI : 0293 870 445 An. Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah
  • BJB : 0024 4010 91 100 An. Yayasan Cagar Rumah Autis
  • BNI Syariah : 0294 477 011 An. Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah
  • BCA : 572 032 9516 An. Deka Kurniawan

Alamat Kantor Pusat

Rumah Autis
Ruko Ratna Asri Residence
Jl. Dr. Ratna No 26 D
Jati Kramat, Jati Asih
Kota Bekasi, Jawa Barat
P: (021) 2210-7656