Selasa, 24 April 2018 | 10:33 WIB | Aji Anggono | Lintas Autis | 379

Puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan umat Islam di bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan umat muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa dengan keragaman tradisinya yang unik dan khas. 

 

Lalu untuk Remaja Autisme Apakah bisa Berpuasa??

 

Kata 'puasa' adalah kata yang abstrak bagi sebagian besar penyandang autis. Ibadah yang melatih kita untuk menahan segala hawa nafsu mulai dari keinginan manusia yang paling dasar yaitu makan dan minum sampai melatih kemampuan mengendalikan diri sendiri dengan melawan keinginan dasar yang mengarah pada perbuatan yang bertentangan dengan ajaran agama.

 

Ini adalah tantangan tersendiri bagi orangtua anak penyandang autis, tapi bila anak dapat menjalankan puasa dengan baik akan mendatangkan kepuasan tak terkira.

Lalu bagaimana dengan orangtua dan anaknya yang menyandang autis? apakah para orangtua anak penyandang autis juga mengajarkan tentang puasa dan ibadah-ibadah lainnya yang biasa dilakukan di bulan puasa?

Remaja Penyandang  Autis bisa puasa nggak ya?

Jawabannya : Pasti Bisa, dan Justru ini menjadi Moment Istimewa buat Mereka.

Pada moment Istimewa bulan puasa nuansa religius dan terutama kebersamaan akan  terasa lebih kental dari hari biasanya, kegiatan seperti Sahur dan berbuka bersama ,tadarus Al-Qur'an, belajar menghafal bacaan shalat dan doa, Shalat Tarawih di Masjid dll

Para orangtua mengajari anak-anak mereka yang umumnya yang sudah berusia 7 tahun untuk berpuasa, ada banyak metode dan cara memberikan pengertian sesuai dengan tahap perkembangan anak. Ada orangtua yang mengajarkan puasa bedug (pada saat adzan dhuhur boleh makan, kemudian puasa lagi sampai magrib), ada yang memberikan imbalan / reward saat berbuka, ada yang mengumpulkan poin setiap 1 hari berpuasa yang poin tersebut bila dikumpulkan dapat ditukarkan dengan sesuatu yang disukai oleh anak anak.

Ada yang memberikan gambaran menyenangkan di surga kelak sebagai imbalan rajin berpuasa penuh satu bulan ( namun untuk Anak dengan Autisme ini sesuatu yang abstrak bukan? ) sehingga reward nya pun yang dapat dipilih dirasakan langsung dan tentunya yang membuat anak anak istimewa ini semakin bersemangat dalam aktifitas sehari hari. 

 

Banyak bukan manfaat nya ?

1. Menjalin kekompakan dan kebersamaan yang special bersama keluarga selama Bulan Ramadhan ( Sahur , buka puasa, sholat dll bersama sama)

2. Memberikan kegiatan harian yang penuh dengan keteraturan dan  berbeda untuk Anak dengan Autisme , Bangun dengan makan sahur , Menyiapkan sahur bersama , pergi ke masjid dll

3. Dari beberapa Contoh yang telah dilakukan remaja remaja Autis di Rumah Autis , selama berpuasa anak anak Istimewa ini cenderung lebih kooperatif dan tenang saat berpuasa ( dengan catatan bahwa sebelum berpuasa anak anak sudah diberikan pijakan informasi / Sosial Story mengenai apa saja yang boleh dilakukan dan tidak selama berpuasa)

4. Ketika Perilaku kooperatif maka mereka akan semakin adaptif dengan aktifitas harian yang diberikan 

 

Saat Sahur berikan Nutrisi yang cukup agar saat berpuasa anak anak Spesial ini bisa lebih maksimal 

1. Tinggi Protein Rendah  Karbohidrat 

2. Buah , sayur, Air Putih diperbanyak agar siang harinya mereka bisa beraktifitas dengan Bugar) namun bagi yang menjalankan diet ketat tetap harus dijaga asupan makanan yang seimbang agar diet tidak bocor serta Puasa bisa berjalan dengan baik. 

3. Hindari makananan yang mengandung kadar minyak tinggi seperti Gorengan

4. Asupan Suplemen khusus bila diperlukan

 

Jadi, Tetap Semangat mempersiapkan dan menjalankan Ibadah Puasa….. Anak Anak Istimewa yang telah diberikan tiket ke Syurgapun tetap berpuasa.  Keren!!

Waallohu a’lam Bishowab



Berikan komentar






Artikel Terbaru

Merancang Aktifitas Fungsional yang Menyenangkan di Rumah
di posting Rabu, 14 November 2018 | 16:20 WIB
Semua Berhak Sehat Mental
di posting Kamis, 11 Oktober 2018 | 08:32 WIB

Rekening Donasi

  • Bank Mandiri : 1670 0006 7408 4 An. Yayasan Cagar - RA Pusat Program
  • Bank Mandiri : 1670 0006 7407 6 An. Yayasan Cagar - Rumah Autis Pusat
  • Bank Mandiri : 1560 0029 1817 7 An. Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah
  • Bank BNI : 0293 8704 45 An. Cahaya Keluarga Fitrah
  • BJB : 0024 4010 9110 0 An. Yayasan Cagar Rumah Autis
  • BCA : 5720 3295 16 An. Deka Kurniawan
  • BRI : 1105 0100 0254 309 An. Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah

Alamat Kantor Pusat

Rumah Autis
Ruko Ratna Asri Residence
Jl. Dr. Ratna No 26 D
Jati Kramat, Jati Asih
Kota Bekasi, Jawa Barat
P: (021) 2210-7656