Toilet Training ABK di Toilet Umum

Jumat, 27 Juli 2018 | 09:27 WIB | Aji Anggono | Lintas Autis | 450

Selain latihan di rumah dan di Sekolah,  di kurikulum Rumah Autis Anak Anak Istimewa ini dilatih juga untuk belajar menggunakan Toilet Umum. 
Repot?  Ribet?  Pastinya..  
Tapi...  Itulah tantangan mengajarkan latihan fungsional ini kepada Siswa Siswa Rumah Autis.  
Bapak Ibu Guru Gigih dan Kreatif terus memberikan latihan latihan untuk bekal kemandirian Anak Anak Istimewa Ini. 
( foto kegiatan Siswa Rumah Autis Depok) 

Banyak hal yang harus dipelajari anak sampai ia tumbuh menjadi besar. Terutama untuk Anak dengan Autisme atau ABK lainnya,  Mulai dari cara makan sendiri, berpakaian, menggunakan toilet sendiri, membedakan warna, sampai dengan membedakan jenis kelamin, yaitu laki-laki dan perempuan dll. 
Proses yang Panjang melatih ini kepada Anak Anak Istimewa kita Namun tenang saja Ayah Bunda, semua latihan ini secara perlahan mampu diterima anak asalkan konsisten dan semua bekerja sama dengan kompak baik saat dilatih di rumah maupun di sekolah.  
Tanpa kita sadari,  saat mengajarkan toilet training banyak sekali hal yang akan di dapatkan oleh anak, selain kemampuan kemandirian Toileting,  Kita juga sudah mengajarkan perbedaan jenis kelamin.

Mengajarkan Toilet training di rumah tentunya lebih mudah dan kita bisa mengkondisikan karena Anak sudah mengetahui dengan detail kondisi Toilet di rumah,  letak toilet, cara jongkok atau duduk... 

Nah...  Apabila kita sedang bepergian / dalam perjalanan mengajak Anak Anak Istimewa kita pasti akan juga mengalami tantangan mengajak mereka ke toilet umum.  
Diserang rasa ingin buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB) ketika sedang berada di tempat umum. Otomatis kita akan mencari toilet umum.

Kalau membayangkan kata ‘toilet umum’, toilet yang digunakan oleh sejuta umat.
Yang terbayang adalah kadangkala bau dan kotor. 
Eitss..  Tdk perlu panik juga ya Ayah Bunda karena ini bisa menjadi proses pembelajaran dan latihan buat anak anak kita.
Masa kita harus meminta anak menahan BAK atau BAB sampai di rumah / Tujuan ? Tidak mungkin, ya... Oleh karena itu, ada beberapa aturan menggunakan toilet umum agar tetap bersih dan terhindar dari kuman. 

Ini adalah langkah-langkah aman anak BAK atau BAB di toilet umum:

1. Pilih toilet yang ada petugas kebersihannya (cleaning service). Biasanya, petugas akan membersihkan toilet usai digunakan.

2. Pilih toilet yang terletak dekat pintu masuk. Menurut penelitian, ini merupakan toilet yang memiliki tingkat bakteri paling rendah adalah toilet yang terletak dekat pintu masuk. Karena banyak orang cenderung memilih toilet yang paling ujung untuk BAB/BAK.

3. Usahakan tidak menyentuh secara langsung benda-benda yang ada di toilet. Gunakan tisu untuk membuka pintu atau menekan flush di kloset.

4. Sebelum menggunakan kloset, siram atau flush untuk membersihkan kotoran dan urine yang masih menempel di kloset. Dan, sebelum menyiram, tutup dulu kloset dengan penutup dan tekan flush  menggunakan tisu.

5. Bersihkan dudukan kloset menggunakan obat antiseptik khusus kloset atau bisa menggunakan tisu basah, lalu dilap dengan tisu kering, jika kita menggunakan kloset duduk. Kemudian lapisi dudukan kloset dengan tisu kering atau kertas pelapis kloset khusus, yang kini sudah banyak dijual. Selesai menggunakan kloset, jangan lupa siram, ya. Tutup dulu kloset terlebih dahulu, barulah Anda mem-flush.  

6. Gunakan air yang mengalir dari kran untuk membersihkan diri. Setelah itu usap dan keringkan dengan tisu.

7. Latih anak untuk mencuci tangannya di wastafel. Cuci tangan selama 20-30 detik dengan sabun. Dan bisa  berikan anak cairan antiseptik pembersih tangan.

Catatan khusus untuk Anak Istimewa Kita adalah,  Melatih mengidentifikasi  Toilet laki laki dan perempuan ( membaca simbol yang ada)  

Semoga bermanfaat,  so jangan takut yaa mengajarkan Anak Anak Kita berlatih juga Toilet Training di tempat umum. 

#rumahautis
#kitapedulimerekamandiri



Berikan komentar






Artikel Terbaru

Pekan Olahraga Rumah Autis 2018
di posting Jumat, 21 Desember 2018 | 14:16 WIB
Merancang Aktifitas Fungsional yang Menyenangkan di Rumah
di posting Rabu, 14 November 2018 | 16:20 WIB

Rekening Donasi

  • Bank Mandiri : 1670 0006 7408 4 An. Yayasan Cagar - RA Pusat Program
  • Bank Mandiri : 1670 0006 7407 6 An. Yayasan Cagar - Rumah Autis Pusat
  • Bank Mandiri : 1560 0029 1817 7 An. Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah
  • Bank BNI : 0293 8704 45 An. Cahaya Keluarga Fitrah
  • BJB : 0024 4010 9110 0 An. Yayasan Cagar Rumah Autis
  • BCA : 5720 3295 16 An. Deka Kurniawan
  • BRI : 1105 0100 0254 309 An. Yayasan Cahaya Keluarga Fitrah

Alamat Kantor Pusat

Rumah Autis
Ruko Ratna Asri Residence
Jl. Dr. Ratna No 26 D
Jati Kramat, Jati Asih
Kota Bekasi, Jawa Barat
P: (021) 2210-7656